Halaman

Selasa, 26 Juni 2012

revenge is bad, jangan mendendam

dendam, perasaan yang wajar terjadi saatkita tersakiti...
dendam, slalu ber-mindset atas penderitaan orang lain...


dan aku adalah manusia yang tergolong si - pendendam,
dari hal terkecil keluarga kami dapat menilai klo aku pendendam,
aku masih ingat waktu kecil dulu...
saat ber dziarah ke makam kakek, lalu banyak sekali nyamuk yg menggigit,
saat ada kesempatan lain untuk berziarah,
saat orang2 menyiapkan bunga, sabit untuk rumput, snack2, buku doa, aku adalah orang terunik, aku membawa Obat Nyamuk Semprot.... mungkin baru aku...
ini adalah contoh kecil, dan sifat ini berkembang sampai dewasa...
aku slalu berusaha membalas atau minimal menjelek2an...


namun, seiring kedeasaanku, aku sadar...
bahwa dendam itu tidak baik, aku berusaha mengurangi sifatku ini...


aku tersadar, buat apa aku sekolah hukum tinggi2, kalo tidak bisa menarik makna dari kebijakan Nelson Mandela yang saat ia terpilih jadi presiden (setelah dipenjara slama bertahun2 karena politik aphartied). lalu ia mengampuni orang2 kulit putih.

“Hendaklah memberi maaf dan melapangkan dada, tidakkah kamu ingin diampuni oleh Allah?” (Q.S. An-Nuur: 22)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar