Halaman

Kamis, 10 Juli 2014

Hingga Tak Ada Artinya

Sekedar sharing atas renungan saya atas saudara - saudara kita

Apa yang saya rasakan ketika melihat running text memberitakan ada serangan untuk Gaza?
mohon maaf atau mungkin ada diantara teman - teman yang merasakan hal sama dengan saya, saya merasakan "datar" dihati saya.
http://faishalanakindonesia.blogspot.com/2012/11/pray-for-palestine.htmlMungkin karena terlalu sering Israel mendzalimi Warga Gaza, hingga nyawa manusia tak berharga, hingga kematian karena serangan layaknya hal wajar.
Lebih dalam lagi saya rasakan, lebih jauh lagi saya lihat, saya coba peka-kan hati saya, hingga saya mencoba membuka pikiran saya lalu berteori "ketika hati kita tak merasakan apapun, maka berfikir objektif atas reaksi jutaan manusia yang hatinya terbuka"
Dengan teori itu saya bisa buka hati dan pikiran saya, bahwa 1 nyawa itu sangat berarti, tergores pisau pun akan terasa sakit apalagi bila sekujur tubuh ini terbakar, terkena serpihan bangunan, tertusuk timah panas, lebih parah lagi, hal itu dirasakan tanpa melakukan kecerobohan apalagi kesalahan, dirasakan ketika berkumpul dengan orang tercinta, merasakan tidur yang nyenyak, merasakan indahnya ramadhan. 
Kekejaman yang terus dilakukan, daerah yang seakan menjadi "tempat pemotongan", membuat seseorang menjadi "datar" dan terlupakan oleh uforia. Tapi parahnya kita tidak bisa melakukan apa - apa. Mau kesana bagaimana caranya? mau menyumbang dana, berapa sih kekayaan kita? dan hanya bisa memberikan sekedarnya. Lalu apa yang harus dilakukan?
Ada hikmah dari sebuah musibah ini:
  • Adanya saudara kita dizalimi oleh suatu kaum maka jadikanlah ini sebagai pemersatu umat, perbedaan haruslah kita hormati, ingat berbeda itu karena ada tuntunannya, ada syariatnya, hormatilah perbedaan itu sejauh Tuhan dan Rasul kita, Kitab dan dasar hukum agama kita : SAMA, janganlah dijadikan cibiran. Untuk apa kita bersimpati dan berempati terhadap saudara kita jauh disana, mencaci musuh kita, kalau saudara kita sendiri kita hina? Maka kuatkanlah tali persaudaraan kita lalu bersatu.
  • Doakanlah mereka, belajar tidak individu memohon keselamatan dunia akherat untuk kita dan ortu kita saja, tapi doakanlah juga saudara - saudara kita, jauhkan kita dari malapetaka dan bahaya, semoga kedamaian itu muncul.

Percayalah bahwa tidak satupun yang diskenario Rabb kita adalah sia - sia. Semua akan ada hikmahnya. apa yang saya sampaikan adalah sebagian kecil saja dari rahasia Alloh.

#pray4Palestine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar